pengertian pembiayaan

          






            Pengertian Pembiayaan
Salah satu produk yang ditawarkan oleh BMT adalah pembiayaan. Pembiayaan secara umum sudah dikenal oleh masyarakat. Dan produk inilah yang sangat diminati oleh nasabah. Karena pembiayaan sangatlah membantu untuk kelancaran usaha yang dilakukan oleh nasabah.
Pembiayaan atau financing, yaitu pendanaan yang diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lain untuk mendukung investasi yang telah direncanakan, baik dilakukan sendiri maupun lembaga. Dengan kata lain pembiayaan adalah pendanaan yang dikeluarkan untuk mendukung investasi yang telah direncanakan.

Tujuan Pembiayaan
a.     Peningkatan ekonomi umat, artinya masyarakat yang tidak dapat akses secara ekonomi, dengan adanya pembiayaan mereka dapat melakukan akses ekonomi. Dengan demikian dapat meningkatkan taraf ekonominya.
b.     Tersedianya dana bagi peningkatan usaha, artinya: untuk pengembangan usaha membutuhkan dana tambahan. Dana tambahan ini diperoleh dari pembiayaan.
c.      Meningkatkan produktivitas, artinya: adanya pembiayaan memberikan peluang bagi masyarakat usaha mampu meningkatkan daya produksinya. Sebab upaya produsi tidak akan jalan tanpa adanya dana.
d.     Membuka lapangan kerja baru, artinya: dengan dibukanya sektor-sektor usaha melalui penambahan dana pembiayaan, maka sektor usaha tersebut akan menyerap tenaga kerja.
e.     Terjadi distribusi pendapatan, artinya: masyarakat usaha produktif mampu melakukan aktivitas kerja, berarti mereka akan memperoleh pendapatan dari hasil usahanya.

Fungsi Pembiayaan
a.     Meningkatkan daya guna uang
b.     Meningkatkan daya guna barang
c.      Meningkatkan peredaran uang
d.     Menimbulkan kegairahan berusaha
e.     Stabilitas ekonomi
f.       Sebagai jembatan untuk meningkatkan pendapatan nasional

Jenis Pembiayaan
Jenis-jenis pembiayaan pada dasarnya dapat dikelompokan menurut beberapa aspek, diantaranya:
Pembiayaan menurut tujuan
1)     Pembiayaan modal kerja, yaitu pembiayaan yang dimaksudkan untuk mendapatkan modal dalam rangka pengembangan usaha
2)     Pembiayaan investasi, yaitu pembiayaan yang dimaksudkan untuk melakukan investasi atau pengadaan barang konsumtif.
Pembiayaan menurut jangka waktu
1)     Pembiayaan jangka waktu pendek, pembiayaan yang dilakukan dengan waktu 1 bulan sampai dengan 1 tahun
2)     Pembiayaan jangka waktu menengah, pembiayaan yang dilakukan dengan waktu 1 tahun sampai dengan 5 tahun
3)     Pembiayaan jangaka waktu panjang, pembiayaan yang dilakukan lebih dai 5 tahun.

Menurut pemanfaatannya, pembiayaan BMT dapat dibagi menjadi dua, yaitu:



a.     Pembiayaan Investasi
Pembiayaan yang digunakan untuk pemenuhan barang-barang permodalan (capital goods) serta fasilitas-fasilitas lain yang erat hubungannya dengan hal tersebut.
b.     Pembiayaan Modal kerja
Pembiayaan yang ditunjukan untuk pemenuhan, peningkatan produksi, dalam arti yang luas dan menyangkut semua sektor ekonomi, perdagangan dalam arti luas maupun penyediaan jasa.
Sedangkan menurut sifatnya, pembiayaan juga dibagi menjadi dua, yaitu:
a.     Pembiayaan Produktif
Yaitu pembiayaan yang ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan produksi dalam arti yang sangat luas seperti pemenuhan kebutuhan modal untuk meningkatkan volume penjualan dan produksi, pertanian, perkebunan maupun jasa.
b.     Pembiayaan konsumtif
Yaitu pembiayaan yang ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, baik yng digunakan sesaat maupun dalam jangka waktu yang relatif panjang.

0 Comments:

Post a Comment